Praktikum Kelinci (Cavia Porcellus)

♦   Tujuan

Mengidentifikasi dan mengamati anatomi, morfologi, dan taksonomi dari kelas mamalia yakni kelinci.

♦   Dasar Teori

Mamalia (mammalia = hewan menyusui), suatu kelas Vertebrata dengan ciri tubuhnya tertutup oleh rambut dan adanya kelenjar susu pada betina. Adapun cirri lain dari kelas mamalia yakni umumnya hidup di daratan, tetapi ada pula yang hidup di air seperti ikan paus, lumba-luma, berdarah panas, pada kulit terdapat kelenjar keringat dan kelenjar minyak, otak berkembang dengan baik, fertilisasi internal, bernafas dengan paru-paru, terdapat 4 ruang jantung yang sempurna dengan dua bilik dan dua serambi.

Berdasarkan ciri-ciri dasarnya hewan menyusui dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu: mamalia monotrema, mamalia marsupialia, dan mamalia plasenta. Mamalia monotrema adalah hewan menyusui yang mengerami telurnya. Merupakan kelompok hewan menyusui yang jumlahnya paling sedikit, hanya dua jenis yang masih hidup saat ini, yaitu platipus dan echidna. Cara berkembang biak platipus dengan bertelur. Telurnya dibuahi di dalam saluran telur, ketika telurnya terus berkembang, maka kelenjar akan mengeluarkan cairan untuk menambah putih telur dan cangkang. Mamalia marsupialia adalah hewan menyusui yang berkantong. Kelompok hewan ini melahirkan anaknya yang masih lemah, kemudian dibesarkan di dalam kantongnya. Terdapat sekitar 266 anggota kelompok ini diantaranya kanguru, koala, dan oposum. Mamalia plasenta adalah hewan menyusui yang mengandung dan melahirkan anaknya. Mempunyai bentuk dan ukuran tubuh beragam. Ciri kelompok hewan ini adalah memiliki rambut di seluruh tubuhnya. Selain itu betinanya memiliki kelenjar susu. Kelompok hewan menyusui banyak ragamnya, diantaranya: Kelinci. Kelinci mempunyai telinga yang panjang dengan ekor yang pendek. Tubuhnya ditutupi oleh bulu yang tebal. Ciri-ciri kelinci baik anatomi dan morfologi lebih lanjut akan kita bahas dalam pembahasan kali ini.

♦   Alat dan Bahan

◊   Alat

~   Bak Preparat                      ~   Seperangkat alat bedah

~   Alat tulis                            ~   Penggaris

◊   Bahan

~   Kelinci (Cavia Porcellus)

♦   Prosedur Kerja

  1. Menempatkan hewan pada bak preparat, lalu mengamati bagian morfologi tubuhnya, mengukur bagian tubuhnya dan menggambarnya.
  2. Kemudian menyembelih kelinci dan mencukur/menguliti rambutnya.
  3. Setelah itu membedah bagian organ dalam tubuhnya, mengamatinya dan menggambarnya dengan memberi penjelasan.
  4. Lalu menuliskan klasifikasi dan taksonomi hewan tersebut secara lengkap.

♦   Hasil Pengamatan

No.

Pengamatan

Kelinci

1.

Panjang badan keseluruhan

39 cm

2.

Lebar keseluruhan

15 cm

3.

Panjang kepala

9 cm

4.

Lebar kepala

7 cm

5.

Panjang sungut

5,5 cm

6.

Jumlah sungut

26

7.

Diameter mata

2 cm

8.

Panjang serviks

6,5 cm

9.

Panjang abdomen

24,5 cm

10.

Jumlah jari kaki

4

11.

Panjang kaki;~  kaki depan

8,5 cm


~  kaki belakang 23 cm

12.

Panjang daun telinga (pinna auricular)

12,5 cm

13.

Lebar pinna auricula

5,5 cm

14.

Jenis kelamin

betina

Adapun kalsifikasinya sebagai berikut:

Kingdom   : Animalia

Filum         : Chordata

Subfilum   : Vertebrata

Class           : Mammalia

Ordo           : Rodentia

Famili        : Cavidae

Genus        : Cavia

Spesies      : Cavia Porcellus

♦   Pembahasan

Pada praktikum kali ini kita mengamati kelas mamalia yakni pada Kelinci. Kelinci secara morfologi seluruh tubuhnya ditutupi oleh rambut, rambut ini merupakan salah satu ciri karakteristik dari kelas mamalia. Kelinci terdiri dari kepala (caput), leher (cervix), badan (truncus), anggota badan (extrimifas) dan ekor (cauda). Tubuhnya yang pipih di bagian samping disesuaikan agar dapat lari dengan kencang. Warna bulu kelinci biasanya tidak mencolok dan sering merupakan kombinasi warna coklat, putih abu-abu dan hitam. Pada bagian kepala terdapat mata deangan membran nictitan, mulut (Rima oris), dibatasi oleh bibir bawah (labium inferior) dan bibir atas (labium superior) yang bercelah sehingga tampak gigi seri (incisivi), dan juga terdapat lubang hidung (Neres externa) letaknya dorsal dari mulut, disekitar lubang hidung dan mulut terdapat sungut atau rambut-rambut peraba yang juga terdapat disekitar mata, mata dibatasi oleh kelopak mata atas (palbebra superior, dan kelopak mata bawah (palbebra inferior) sedangkan kelopak mata ketiga (membran nictitan) terdapat pada sudut sebelah mata anterior, telinga luar (pina auricula) yang panjang, pada bagian badan terbagi menjadi thorax (dada) terdapat sepasang extrimitas anterior (kaki depan) yang berjari (digiti) 4, dibangun dari proximah kendistal oleh brachiu, antebrachium dan carpusdan abdomen (perut) yang dimana terdapat sepasang extrimitis posterior (kaki belakang) yang berjari (digiti) dibangun dari proximal kedistal oleh femur, crus dan pes didaerah inguinal, diantara kaki belakang terdapat sepasang pappila mammae (putting susu), selanjutnya kearah posterior saya temui adanya penis. Kaki belakang pada kelinci ini jauh lebih panjang daripada kaki depan. Kaki belakang yang panjang dan kuat digunakan untuk melompat. Dan pada bagian belakang terdapat ekor, ekor pada kelinci pendek. Anus terdapat di bawah ekor dan lubang urogenital terdapat di sebelah anterior anus.

 

Sistem skeleton pada kelinci sama seperti pada mamalia umumnya, termasuk manusia. Pada setiap rahang terdapat gigi seri (insisivus), 2 buah diatas dan 1 buah di bawah, gigi taring (caninus) tidak terdapat pada kelinci, gigi premolar (3 buah diatas dan 2 buah di awah). Sedangkan gigi molarnya 3 buah diatas dan 3 buah di bawah.

Dan struktur anatomi pada kelinci terdiri atas organ trachea, jantung, paru-paru, hati, empedu, limfe, lambung, ginjal, usus besar, kloaka dan organ reproduksi. Kelinci jantan terdapat Testis, alat untuk memproduksi sperma dan hormon kelamin. Sedangkan Organ reproduksi pada kelinci betina meliputi Ovarium, tempat menghasilkan ovum. Pada kelinci trachea, berupa tabung yang bercabang menjadi bronchus yang menuju ke paru-paru. Trakeanya panjang berupa pipa bertulang rawan yang berbentuk cincin, dan bagian akhir trakea bercabang menjadi dua bagian, yaitu bronkus kanan dan bronkus kiri. Paru-paru, terdapat 4 ruang jantung yang sempurna dengan dua bilik dan dua serambi. Lambung pada kelinci ada bagian lambung yang cembung disebut culvatura mayor dan lambung yang cekung disebut curvature minor. Lamung pada kelinci ini di bagi menjadi tiga bagian yakni Pars cardia yaitu bagian lambung yang terletak dekat muara oesophagus. Fundus merupakan bagian lambung yang terbesar di bagian tengah gastrum. Dan Pars pylorica bagian lambung gastrum paling posterior dekat pylorus yaitu daerah penyempitan yang membatasi gastrum dengan duodenum. Usus pada kelinci terdapat usus halus (duodenum), usus paling anterior. Jejunum dan ileum dan juga pada kelinci ini terdapat usus buntu. Usus besar (colon) terbagi atas 4 bagian: colon ascenden yaitu usus yang menghadap keatas, colon transpersum ysitu usus yang melintang / lekukan prepaterium, colon descenden yaitu usus yang paling ujung berbatasan dengan usus buntu /mengarah kebawah, dan colon sigmoedeus yaitu usus yang berhubungan dengan sistem pengeluaran. Dan rectum merupakan usus akhir dan dari sini kotoran dikeluarkan melalui anus.

♦   Kesimpulan

Kelinci secara morfologi seluruh tubuhnya ditutupi oleh rambut, rambut merupakan salah satu ciri karakteristik dari kelas mamalia. Kelinci terdiri dari kepala (caput), leher (cervix), badan (truncus), anggota badan (extrimifas) dan ekor (cauda). Telinga luar (pina auricula) yang panjang. Kaki belakang pada kelinci ini jauh lebih panjang daripada kaki depan. Kaki belakang yang panjang dan kuat digunakan untuk melompat. Dan pada bagian belakang terdapat ekor, ekor pada kelinci pendek. Anus terdapat di bawah ekor dan lubang urogenital terdapat di sebelah anterior anus. Dan struktur anatomi pada kelinci terdiri atas organ trachea, jantung, paru-paru, hati, empedu, limfe, lambung, ginjal, usus besar, kloaka dan organ reproduksi.

♦   Daftar Pustaka

◊  Djarubito Brotowidjoyo,Mukayat.1994.Zoologi Dasar.Jakarta:Erlangga.

◊  W.Kimball,john.1983.Biologi jilid 3.Jakarta:Erlangga.

◊  Anonim.Kelinci.www.wikipedia.org.9 Mei 2010.

◊  Manson.2000.Kelinci.www.theo766hi.wordpress.com.9 Mei 2010.

♦   Lampiran

       

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s